Rabu, 10 November 2010

Contoh Proposal PKM-M


A.                 JUDUL
PERPUSTAKAAN DESA KONTRIBUSI ANAK KOTA

B.                 LATAR BELAKANG
Salah satu amanat pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa dapat diwujudkan melalui pendidikan yang berkualitas, dengan fasilitas atau penunjang pendidikan yang memadai. Sejak tahun 2003, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa lebih diprioritas kembali dengan mengalokasikan 20% dari APBN dan APBD sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Realita yang dihadapi masyarakat, pelayanan pendidikan masih jauh dari harapan, terjadi kesenjangan pendidikan antara wilayah perkotaan, seperti Kota Banjarmasin dengan wilayah perdesaan, seperti Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Kesenjangan terjadi akibat perbedaan pada ketersediaan fasilitas gedung, kesempatan bersekolah, akses ke sekolah, guru yang berkualitas, dan ketersediaan buku-buku pelajaran.
Fasilitas dan penunjang pendidikan di Kota Banjarmasin selama ini lebih memadai. Fasilitas dimaksud seperti gedung dan ruang yang memadai, ketersediaan tenaga pengajar yang kompeten, serta ketersediaan buku-buku pelajaran. Di Banjarmasin telah tersedia berbagai fasilitas perpustakaan seperti perpustakaan daerah kota, perpustakaan daerah provinsi dan perpustakaan keliling. Walaupun masih terdapat kesulitan akses terhadap perpustakaan dimaksud, dengan tingkat kesejahteraan masyarakat perkotaan maka siswa di perkotaan dengan mudah membeli buku-buku pelajaran. Dengan kemudahan dan tersedianya fasilitas penunjang pendidikan tersebut jelas membuat kualitas pendidikan di daerah perkotaan berbeda dengan daerah perdesaan.
Hasil laporan melakukan Praktek Kerja Lapangan di desa jejangkit pasar, pada tanggal 16-12-2009 s.d 18-12-2009 diketahui dari data sekunder jumlah kepala keluarga miskin 182 kepala keluarga. Serta observasi berkelanjutan yang dilakukan pada tanggal 16-10-2010 dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Jejangkit Pasar kategori miskin mencapai 54%, dengan kualitas fasilitas dan penunjang pendidikan yang sangat rendah. Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam dunia pendidikan bagi anak-anak usia sekolah tingkat dasar Desa Jejangkit Pasar adalah kurang tersedianya buku-buku pelajaran. Hal ini karena keterbatasan anggaran daerah Kabupaten Barito Kuala dan tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Jejangkit Pasar.
Alasan pemilihan Desa Jejangkit Pasar sebagai sasaran program adalah pertama, desa ini tergolong kepada desa tertinggal dan  masyarakat berpenghasilan rendah atau miskin hal ini dapat mempengaruhi kualitas pendidikan terutama bagi anak usia sekolah dasar. Kedua, karena desa ini merupakan laboratorium untuk Praktek Kerja Lapangan program studi Administrasi Negara FISIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dan merupakan Desa Binaan sejak tahun 2008.
Dengan segala keterbatasan fasilitas penunjang maka prioritas pertama adalah diperlukannya sebuah perpustakaan desa yang menjadi sarana penunjang pendidikan anak-anak usia Sekolah Dasar di desa tersebut.  Sementara alasan memilih anak usia sekolah dasar karena sekolah dasar merupakan jenjang paling dasar pada pendidikan formal dan sebagai media belajar bagi anak-anak usia sekolah yang tidak mampu untuk sekolah.
Dengan adanya perpustakaan desa diyakini akan menjadi sarana transformatif bagi masyarakat desa, apabila strategi yang dilaksanakan penuh dengan stimulasi edukatif perpustakaan, masyarakat yang giat membaca benar-benar akan bergerak menuju pembangunan SDM yang handal di era otonomi daerah, selain itu landasan teorinya adalah firman Allah swt : “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu Yang Maha Mulia. Yang mengajar manusia dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” [QS.Al-‘Alaq:1-5]. Dari ayat diatas, jelas bahwa membaca itu sangat penting untuk proses menuntut ilmu sampai seseorang manemui ajalnya.  Karenanya, Kehadiran perpustakaan  di pedesaan merupakan wujud pendekatan pembangunan dari akar bangsa yaitu desa atau tepatnya masyarakat desa.

C.                PERUMUSAN MASALAH
Bagaimana menyediakan buku-buku pelajaran diperpustakaan desa untuk anak-anak usia sekolah dasar di Desa Jejangkit Pasar sehingga mereka gemar membaca.

D.                TUJUAN
1.      Menyediakan buku-buku pelajaran sekolah dasar dan buku-buku ilmu pengetahuan lainnya
2.      Menumbuhkan jiwa sosial anak-anak kota dengan menyumbangkan buku-buku bekas kepada anak-anak desa.
3.      Menumbuhkan sikap gemar membaca bagi anak-anak usia sekolah dasar.
4.         Mendukung dan membantu pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

E.                 LUARAN YANG DIHARAPKAN
1.      Perpustakaan desa yang berisi buku-buku pelajaran untuk anak-anak usia Sekolah Dasar di desa.
2.      Rancangan kreatif gemar membaca bagi anak-anak usia sekolah dasar di Desa Jejangkit Pasar dan menumbuhkan jiwa sosial anak-anak kota.

F.                 KEGUNAAN
1.      Memudahkan anak-anak usia sekolah dasar di perdesaan memperoleh buku-buku pelajaran..
2.      Menjadikan gemar membaca sebagai pintu menuntut ilmu.
3.      Mengurangi beban pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

G.                GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat akan dilaksanakan di Desa Jejangkit Pasar Kabupaten Barito Kuala, yang mayoritas mata pencaharian masyarakat desa Jejangkit Pasar adalah peternak dan petani. Penduduk desa jejangkit pasar pada umumnya tergolong kedalam masyarakat berpenghasilan rendah atau miskin hal ini dibuktikan dengan tabel data dibawah ini.

Tabel I  Jumlah Penduduk dan Rumah Tangga berdasarkan Klasifikasi Kesejahteraan
RT
Jumlah Rumah Tangga berdasarkan Tingkat Kesejahteraan (rumah/KK)
Kaya
Menengah
Miskin
Jumlah
(1)
(5)
(6)
(7)
(8)
RT 1
-
41
26
67
RT 2
-
4
38
42
RT 3
1
25
20
45
RT 4
3
27
46
73
RT 5
5
19
38
57
RT 6
-
41
14
55
Total
9
148
182
339
Sumber : Data Sekunder  TFM Jejangkit Pasar, 2009









Ditambah dengan infrastruktur Sekolah Dasar yang hanya berjumlah satu sekolah dengan jumlah ruangan enam buah, dan rinciannya ruang kelas untuk belajar siswa hanya lima kelas sedangkan, satu ruangan lainnya dijadikan sebagai kantor dan perpustakaan. Dengan keadaan sekolah seperti ini, menurut kepala sekolah SDN Jejangkit Pasar hal ini sangat mengurangi efektivitas dalam kegiatan belajar mengajar ditambah lagi dengan kurangnya fasilitas penunjang seperti buku-buku bacaan bagi para siswanya. Menurut beliau, dengan disediakannya perpustakaan desa bagi anak-anak usia sekolah dasar, kehadirannya cukup memberikan pengaruh positif bagi pendidikan anak di wilayah ini.
Sesuai dengan kesepakatan tentang program perpustakaan desa jejangkit pasar, kepala desa jejangkit pasar bersedia menyiapkan tempat untuk perpustakaan desa yang akan dibuat, yaitu bertempat disalah satu ruangan balai desa.
Pelaksanaan Program Kreatifitas Mahasiswa, akan memprogramkan kerjasama dengan beberapa sekolah dasar di Kota Banjarmasin diantaranya SD Sabillal Muhtadin dan SD Muhammadiyah, dimana dalam kerjasama tersebut kami meminta siswa-siswa di sekolah tersebut untuk membantu (mengalokasikan) buku yang menurut mereka sebagai “sampah” untuk menjadi “emas” bacaan bagi anak-anak di desa Jejangkit Pasar. Program ini juga tentu akan memberikan pembelajaran sosial tersendiri kepada anak-anak di perkotaan agar bisa berbagi dengan “teman-teman” mereka di pedesaan.

H.                METODE PELAKSANAAN
Cycle Diagram
Siklus I. Metode pelaksanaan

1.        Survei kelompok sasaran
Pada tahap pertama untuk mendapatkan informasi tambahan guna penyediaan perpustakaan dan buku-buku pelajaran di wilayah sasaran.
2.      Identifikasi kebutuhan program
Tahap ini kami akan mematangkan kembali konsep yang telah dirumuskan, terutama terkait dengan program yang akan dilaksanakan dan identifikasi kebutuhan buku-buku pelajaran SD kelas 1 s.d kelas 6.
3.        Persiapan Sarana dan Prasarana
Tahap ini merupakan tahap yang mempersiapkan sarana dan prasarana yang akan mendukung program ini. Sebagai langkah awal, kami akan memfokuskan pada ketersediaan buku-buku bacaan guna menunjang program ini yaitu dengan pengajuan surat permintaan buku-buku pelajaran bekas ke SD Sabillal Muhtadin dan SD Muhammadiyah di Banjarmasin supaya mengalokasikan buku-buku pelajaran bekas dari siswa-siswa Sekolah Dasar tersebut kepada anak-anak usia sekolah dasar di Desa Jejangkit Pasar. Kemudian persiapan berikutnya adalah mengenai tempat dan lokasi perpustakaan desa yang telah disepakati Kepala Desa Jejangkit Pasar yaitu di Balai Desa. Sarana yang lainnya akan dipersiapkan secara bertahap dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan.
4.        Penyediaan buku-buku pelajaran dari anak kota
Pada tahap ini kami akan mengajukan kerjasama dengan beberapa sekolah dasar yang ada di Banjarmasin untuk penyumbangan buku-buku bekas untuk anak-anak usia sekolah di Desa Jejangkit Pasar.
5.        Pelaksanaan dan proses belajar gemar membaca
Muatan program yang paling penting dalam program ini adalah memberikan motivasi kepada anak-anak usia sekolah dasar tentang pentingnya membaca buku.




6.      Evaluasi
Pada tahap evaluasi, anak-anak akan diberikan feedback tentang program yang telah dilaksanakan. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi kontinuitas program. Selain akan diberikan ganjaran dan sertifikat bagi anak-anak yang paling sering mengunjungi perpustakaan, akan diadakan juga berupa kuis “siapa baca dia dapat” pada bulan ke-3, ke-4, dan ke-5.

I.                   JADWAL KEGIATAN
Jadwal pelaksanaan kegiatan program yang diajukan adalah seperti tabel berikut.
Tabel II. Jadwal Kegiatan Program
No
Kegiatan
Bulan ke-
1
2
3
4
5
1
Survei kelompok sasaran
X




2
Analisis pra-program
X




3
Persiapan sarana dan prasarana
X




4
Pengadaan buku-buku pelajaran dari anak-anak kota

X



5
Pembukaan dan pelaksanaan proses belajar gemar membaca

X
X
X
X
6
Evaluasi
X
X
X
X
X

J.                  RANCANGAN BIAYA
Berikut adalah rincian estimasi biaya untuk pelaksanaan program.

1.      Bahan Habis Pakai
HVS kuarto 2 rim @ Rp. 40.000,-                        Rp.80.000,-
Tinta printer  2 buah @ Rp. 35.000,-                    Rp.70.000,-
Log Book 1 buah @ Rp. 30.000,-                                    Rp.30.000,-
Ballpoint tinta 3 buah @ Rp. 10.000,-                  Rp.30.000,-
Fotokopi dan jilid proposal                                   Rp. 200.000,-
Konsumsi selama kegiatan                                    Rp.1.000.000,-
Dokumentasi                                                         Rp.200.000,-
Jumlah                                                                   Rp.1.610.000,-
2.      Peralatan penunjang
White board                                                          Rp.300.000,-
Hadiah dan sertifikat                                            Rp.500.000,-
Pembuatan rak buku                                             Rp.1.200.000,-
Dekorasi                                                                Rp.500.000,-
Meja lipat 6 buah @ Rp.40.000,-                          Rp.240.000,-
Karpet                                                                   Rp.800.000,-
Acara  seremonial pembukaan                              Rp.1.300.000,-
Sewa LCD 1 unit                                                  Rp.150.000,-
Jumlah                                                                   Rp.4.990.000,-
3.      Perjalanan dan Akomodasi
Survei lapangan 1 kali                                           Rp.200.000,-
Transportasi kegiatan 5 kali                                  Rp.1.000.000,-
Sewa pick-up pengangkut buku                            Rp.1.500.000,-
Penginapan                                                            Rp.700.000,-
Jumlah                                                                   Rp.3.400.000,
4.      Rekapitulasi Biaya
Bahan habis pakai                                                 Rp.1.610.000,-
Peralatan penunjang                                              Rp.4.990.000,-
Perjalanan dan Akomodasi                                   Rp.3.400.000,-
Jumlah                                                                 Rp.10.000.000,-



























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar